Cara Mencuci Tangan yang Benar

Tangan merupakan media yang ampuh untuk berpindahnya kuman atau virus, maka dari itu perlu diketahui cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Di masa pandemi ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 salah satunya dapat dilakukan dengan mencuci tangan. Pentingnya untuk mencuci tangan karena tangan merupakan media yang ampuh untuk berpindahnya kuman atau virus dan tangan digunakan untuk memegang benda-benda yang seringkali tidak kita ketahui dengan pasti kebersihannya. Mencuci tangan sangat diutamakan pada waktu-waktu penting, antara lain sebelum makan, setelah buang air besar, sebelum memegang makanan, dan setelah beraktifitas.

Sebagai kebiasaan yang baik, mencuci tangan perlu memenuhi cara yang benar yaitu menggunakan sabun serta air mengalir dan dengan durasi minimal 20 detik, agar kita yakin bahwa seluruh permukaan tangan sudah terbasuh dan benar-benar bersih. Inilah langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar menurut WHO (World Health Organization) :

Pertama, basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
foto langkah ke-1 mencuci tangan
Kedua, usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian
foto langkah ke-2 mencuci tangan
Ketiga, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.
foto langkah ke-3 mencuci tangan
Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
foto langkah ke-4 mencuci tangan
Kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
foto langkah ke-5 mencuci tangan
Terakhir, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan.
foto langkah ke-6 mencuci tangan
Bila kita tidak menemukan air dan sabun, kita dapat menggantinya dengan larutan berbahan dasar alkohol atau hand-sanitizer. Urutannya sama dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun, hanya dimulai dengan menuangkan larutan hand-sanitizer secukupnya. Jadi mulai sekarang biasakanlah untuk mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran Covid-19.

1 komentar

  1. Makasih infonya...sangat bermanfaat