Tips Memilih Perumahan di Surabaya

Memiliki rumah sendiri merupakan salah satu angan-angan bagi mereka yang baru saja menikah atau biasa disebut pengantin baru. Disisi lain membengkaknya anggaran untuk biaya hidup menjadi kendala tersendiri bagi pasangan yang ingin memiliki rumah impian. Dikota besar seperti Surabaya, harga tanah dan biaya yang harus digunakan untuk mendirikan bangunan cukup menguras kantong pegawai kantoran sehingga membeli rumah di area perumahan bisa menjadi solusi. Bagi anda yang ingin memilih perumahan sebagai alternatif rumah hunian simak dulu beberapa tips mengenai cara memilih perumahan di Surabaya. 

Tips Memilih Perumahan di Surabaya
Tips Memilih Perumahan di Surabaya

Cara memilih hunian di area perumahan untuk keluarga

Banyak sekali perumahan yang tersebar di Surabaya. Setiap perumahan tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan. Pada akhirnya kenyamanan hunian menjadi alasan utama bagi pembeli. Berikut ini ada beberapa cara memilih perumahan di Surabaya. 

1. Lokasi Rumah

Langkah pertama untuk membeli rumah adalah memastikan bahwa lokasi perumahan nyaman untuk ditinggali. Menentukan lokasi perumahan bisa dilihat dari aspek-aspek pendukungnya, seperti akses jalan, transportasi, serta jarak ke lokasi kerja atau sekolah. Mempertimbangkan lokasi rumah juga bisa meminimalisir kesalahan membeli hunian dikawasan rawan bencana banjir maupun tanah longsor. 

2. Survei Lingkungan Sekitar

Perumahan yang nyaman adalah impian bagi semua orang. Kawasan yang bebas dari gangguan tindak kriminal adalah nilai plus dari sebuah kawasan perumahan. Sebelum membeli hunian dikawasan perumahan, cek dahulu bagaimana keamanan disekitar. Keberadaan security menjadi poin utama. Tidak semua perumahan di Surabaya memiliki security. Poin lainnya adalah penerangan jalan disekitar perumahan. Disarankan memilih perumahan dengan penerangan jalan yang memadai. 

3. Lihat dan Bandingkan Harga di Pasaran

Membeli rumah merupakan urusan jangka panjang. Hitung berapa biaya total yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah baru tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan meliputi uang muka, cicilan perbulan, pajak, asuransi, dan utilitas lainnya. Setiap perumahan tentu memiliki penawaran akan harga beli yang berbeda-beda tergantung lokasi dan tipe rumah. Sebelum membeli hunian di area perumahan di Surabaya sebaiknya anda mulai memikirkan dengan gaji anda yang sekarang rumah hunian seperti apa yang bisa dibeli. 

4. Memilih Rumah dengan KPR

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki gaji pas-pasan. KPR adalah fasilitas kredit yang diberikan perbankan dan perusahaan pembiayaan untuk nasabah perorangan yang akan membeli rumah. Ada 2 jenis KPR yaitu, KPR Subsidi dan Non Subsidi. KPR subsidi diberikan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, dengan tujuan keringanan kredit. KPR non subsidi diperuntukkan bagi seluruh masyrakat dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank. 

5. Perhatikan legalitas bangunan

Aspek lain yang tidak boleh ketinggalan ketika membeli rumah adalah legalitas. Pastikan bahwa rumah yang anda beli memiliki 3 legalitas. Legalitas pertama adalah Sertifikat Hak Milik atau SHM. SHM diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional termasuk sertifikat atas tanah yang anda miliki. Kedua, rumah yang anda beli wajib memiliki IMB atau Izin Mendirikan Bangunan yang diterbitkan Bappeda. Ketiga, adanya Pajak Bumi dan Bangunan yang dikenakan terhadap rumah anda. Legalitas sangat penting karena berkaitan dengan hukum kepemilikan dan memudahkan mengurus keperluan yang berkaitan dengan bank. 

Beberapa pertimbangan diatas bisa anda lakukan sebelum membeli hunian dikawasan perumahan di Surabaya. Jika sudah membaca tips-tips diatas jangan ragu lagi untuk segera memiliki rumah pribadi demi kenyaman anda dan keluarga.