Tips Membuat Judul yang SEO Friendly

Walaupun website saya masih dalam "proyek" alias masih dalam pembuatan dari segi pengaturan navigasi maupun artikel, tapi niat saya untuk membagikan ilmu yang mungkin bisa kalian terapkan. Langsung terapkan.

Letakkan Keyword Di Awal atau Akhir Pada Judul.

Mengapa harus seperti itu? Jadi, alasannya agar pengunjung dapat melihat dan cara penulisan long tail keyword kalian tepat.

Gunakan Long Tail Keyword

Sudah pernah saya katakan bahwa long tail keyword tidak hanya dipasang di awal maupun akhir paragraf. Tetapi gunakan juga di judul. Namun harus diingat, long-tail keyword haruslah relevan dan tidak aneh.

Tips Membuat Judul yang SEO Friendly
Tips Membuat Judul yang SEO Friendly

Kaitkan Rasa Penasaran Pengunjung

Kaitkan rasa penasaran pengunjung untuk memancing pengunjung agar mengklik atau masuk untuk mulai membaca di blog kalian. Biasanya frasa kata yang membuat pengunjung tertarik adalah "wajib kamu ketahui", "kenali", dll.

Contoh di sini topik saya adalah SEO, maka pengucapannya seperti ini.

"5 Cara Teknik SEO yang Wajib Diketahui". Coba bandingkan dengan "5 Cara Teknik SEO". Lebih mengundang mana? Judul 1 atau judul 2? Nilailah sendiri.

Hindari Clickbait

Hindari hal tersebut karena pengunjung sangat tidak memenyukainya.

Buat Judul yang Singkat

Judul yang singkat akan memudahkan pengunjung memahami inti tulisan.

Gunakan Frasa Kata yang Mengundang Kepercayaan Pengunjung

Frasa kata yang membuat pengunjung percaya adalah seperti frasa "menjanjikan", "ampuh", "terbaik". Contohnya masih menggunakan keyword SEO, maka judulnya "5 Cara Ampuh Teknik SEO". Secara tidak langsung kalian tidak hanya mengundang rasa penasaran pengunjung, tapi juga mengundang kepercayaan pengunjung pada artikel yang kalian tulis.

Tips Membuat Judul yang SEO Friendly