Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Gran Max yang Benar

Setel Ketinggian Kopling Gran Max - Pemilik mobil Grand Max kadang menyetel koplingnya untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya adalah dengan menyetel ketinggian kopling. Ketinggian kopling disesuaikan dengan keinginan pengendara. Namun tidak semua pemilik mobil tahu cara menyetel ketinggian kopling mobil dengan benar. Dibawah ini adalah cara setel ketinggian kopling mobil Gran Max yang benar. 

Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Gran Max yang Benar
Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Gran Max yang Benar

2 Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Grand Max

ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk setel ketinggian kopling pada Gran Max

1. Mengatur Ketinggian Kopling

Ada 2 cara setel ketinggian kopling mobil Gran Max. Cara pertama adalah menyetelnya melalui bagian bawah mobil. Cari kabel kopling yang biasanya pada bagian ujungnya terdapat bahan seperti plastik. Setelah itu putar searah jarum jam jika ingin meninggikan kopling. Putar kearah sebaliknya jika ingin menurunkan ketinggian kopling. Cek ketinggian kopling mobil dengan cara menekan pedal kopling atau memaju mundurkan mobil untuk merasakan reaksi saat pengoplingan. Lakukan pengecekan setiap ½ atau 1 putaran kabel kopling. Cek terus hingga ketinggian kopling mobil sesuai dengan yang diinginkan. 

Cara setel ketinggian kopling mobil Gran Max yang kedua adalah menyetelnya dari bagian mesin. Hal ini lebih mudah dilakukan karena tidak harus bersusah payah mengecek bagian bawah mobil. Pertama pastikan mobil dalam keadaan mati kemudian buka kap mesin. Cari kabel kopling Grand Max dan telusuri hingga ke bagian bawah mobil. Setelah itu putar searah jarum jam ujung kabel bila ingin meninggikan kopling dan putar kearah sebaliknya jika ingin menurunkannya. Cara mengeceknya juga sama yaitu menekan pedal kopling. 

Perlu diingat bahwa semakin tinggi setelan kopling semakin besar kopling bermain jadi jangan sampai tidak ada rasa menekan pada saat menginjaknya. Sebaliknya jika terlalu rendah pedal kopling akan kendor dan tekanan saat menginjak kopling harus lebih dalam. Jadi jangan menyetelnya terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Gran Max yang Benar
Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Gran Max yang Benar 


2. Atur Free Play Pedal Kopling

Saat mengatur ketinggian kopling mobil Grand max hal yang harus dilakukan adalah mengatur free play atau jarak bebas kopling. Jika ingin mengatur ketinggian kopling maka atur dulu jarak bebasnya. Sebaliknya jika ingin menurunkan ketinggian kopling putar dulu kabel kopling yang ada di rumah transmisi. Cara untuk mengatur jarak bebas cukup mudah karena hanya tinggal memutar baut yang ada di kopling. Gunakan kunci pas 12 atau 14 untuk memutar baut. Putarlah searah jarum jam atau dikencangkan untuk menekan pedal ke bawah. Hal ini berlaku kalau ingin menurunkan pedal kopling. Namun jika diputar berlawanan dengan jarum jam pedal kopling akan meninggi. Cara mengukurnya adalah dengan menekan pedal kopling dengan jari tangan secara lembut sampai terasa sedikit tertahan. Cek kenyamanan pedal setiap satu putaran baut. 

Pengaturan jarak bebas sangat penting dalam menyetel ketinggian kopling mobil Grand Max. Kesalahan dalam cara setel ketinggian kopling mobil Gran Max membuat kopling akan terasa berat. Jarak bebas yang terlalu besar akan membuat pedal kopling kendor sedangkan jika terlalu sedikit kampas akan cepat aus. Dalam buku manual jarak bebas yang direkomendasikan antara 1,5-2,5 cm. Biasanya inilah kesalahan pemilik mobil yang kurang paham dengan hal seperti itu. 

Itu tadi adalah cara setel ketinggian kopling mobil Gran Max. Prakteknya sendiri sebenarnya sangat mudah namun jangan lupa untuk menyetel jarak bebasnya saat ketinggian kopling diatur. Hati-hati dengan pengaturan kopling yang terlalu tinggi karena rawan mengakibatkan kecelakaan. Pastikan untuk selalu mengecek kenyamanan kopling mobil Gran Max anda sebelum memulai perjalanan.

Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Gran Max yang Benar