Proses Perdagangan Elektronik Esensial

Proses Perdagangan Elektronik Esensial

Proses perdagangan elektronik esensial dibutukan untuk keberhasilan operasi dan manajemen dari aktivitas perdagangan elektronik, maka ada beberapa proses yang harus dilalui oleh para pelaku perdagangan elektronik untuk mencapai keberhasilan dalam perdagangan elektronik esensial ini. Sebuah contoh, yaitu sistem sumber daya manusia berbasis internet yang digunakan seorang karyawan perusahaan, yang tidak dapat menggunakan seluruhnya tetapi hanya katalog manajemen dan proses pembayaran produknya saja. 


Pengendalian akses dan keamanan

Proses perdagangan elektronik harus membangun kepercayaan dan akses keamanan di antara pihak-pihak dalam transaksi perdagangan elektronik dengan memastikan keaslian pengguna, otoritas akses, dan menggunakan fitur keamanan. Sebagai contoh, proes ini menetapkan bahwa konsumen dan situs perdagangan elektronik adalah mereka yang menyatakan diri mereka melalui nama pengguna dan sandi, kunci enkripsi, atau sertifikasi dan tanda tangan digital. Situs perdagangan elektronik kemudian harus mengotorisasi akses hanya ke bagian situs di mana pengguna individu membutuhkannya untuk menyelesaikan transaksi tertentu yang dilakukannya. Oleh karena itu, anda biasanya kan memberikan akses keseluruh sumber daya dari situs perdagangan elektronik kecuali akun milik orang lain, data perusahaan yang dilarang, dan administrasi area situs induk.

Profil dan Personalisasi

Sekali anda telah mendapat akses ke sebuah situs perdagangan elektronik, proses profil dapat terjadi ketika mengumpulkan data milik anda dan perilaku situs dan pilihan anda, sebagaimana membangun profil dari karakteristik dan preferensi anda. Profil pengguna dibangun dengan menggunakan alat profil seperti pendaftaran pengguna, arsip informasi kecil, situs perangkat lunak pelacak perilaku, dan umpan balik penggua profil ini kemudian digunakan untuk mengenali anda sebagai pengguna individu dan memberikan anda dengan sebuah tinjauan personalitas dari muatan situs, seperti rekomendasi produk dan personalisasi iklan web sebagai bagian dari strategi pemasarn satu demi satu. Proses profil juga digunakan untuk membantu memastikan keaslian identitas anda untuk manajemen akun dan tujuan pembayaran serta mengumpulkan data dari manajemen hubungan pelanggan, perencanaan pemasaran, dan manajemen situs.

Manajemen Pencarian

Proses pencarian yang efisien dan efektif memberikan kemampuan puncak bagi situs perdagangan elektronik yang membantu konsumen mencari produk spesifik atau layanan yang mereka inginkan untuk menilai atau membeli. Paket perangkat lunak perdagangan elektronik dapat memasukkan komponen mesin pencariaan situs, atau sebuah perusahaan dapat memperoleh mesin pencarian perdagangan elektronik yang disesuaikan, dari perusahaan teknologi pencarian seperti Google dan Requisite Technology. Mesin pencarian dapat mengguakan suatu kombinasi dari teknik pencarian, termasuk pencarian berbasis muatan (misalnya, sebuah deskripsi produk) atau parameter (misalnya, di atas, di bawah, atau antara kisaran nilai untuk beberapa kepemilikan dari sebuah produk. 

Proses Perdagangan Elektronik Esensial
Proses Perdagangan Elektronik Esensial

Manajemen Muatan dan Katalog

Perangkat lunak manajemen muatan membantu perusahaan perdagangan elektronik membangun, menghasilkan, mengirimkan, memperbarui, dan mencapai data teks dan informasi multimedia di situs perdagangan elektronik. Sebagai contoh, raksasa media di Jerman, Bertelsmann, bagian dari pemilik Barnesand-Noble.com, menggunakan perangkat lunak manajemen muatan StoryServer untuk menghasilkan template halaman situs yang memudahkan editor online dari enam kantor internasional dengan mudah menerbitkan dan memperbaruhi tijauan buku dan yang lainnya membuat informasi, yang dijual ke situs perdagangan lainnya.

Perangkat lunak manajemen muatan lokal dan katalog bekerja dengan alat profil yang telah disebutkan sebelumnya untuk personalisasi muatan dari halaman situs yang dapat dilihat oleh pengguna individual. Sebagai contoh, Travelocity.com menggunakan perangkat lunak manajemen muatan untuk mendorong informasi promosional personalisasi mengenai kesempatan perjalanan lain-lainnya kepada pengguna saat mereka terlibat dalam sebuah transaksi yang berhubungan dengan perjalanan online.

Akhirnya, manajemen muatan dan katalog dapat diperluas untuk memasukkan proses konfigurasi produk yang mendukung konsumen layanan mandiri berbasis situs dan penyesuaian massal dari produk perusahaan. Konfigurasi perangkat lunak membantu konsumen secara online memilih susunan yang layak optimal dari fitur produk yang dapat dimasukkan ke dalam barang jadi.

Manajemen Alur Kerja

Banyak proses bisnis dalam aplikasi perdagangan elektronik yang dikelola dan diotomatisasi sebagian dengan bantuan perangkat lunak manajemen alur kerja. Sistem alur kerja bisnis elektronik untuk kolaborasi perusahaan membantu karyawan berkolaborasi secara elektronis untuk mencapai tugas kerja terstruktur dalam proses bisnis berbasis pengetahuan. Manajemen alur kerja, baik bisnis elektronik maupun perdagangan elektronik, bergantung pada sebuah mesin perangkat lunak alur kerja berisi model perangkat lunak dari proses bisnis yang akan dicapai. Model alur kerja menunjukkan susunan aturan bisnis yang sudah dikenal, peranan pemegang saham, kebutuhan otorisasi, alternatif rute, penggunaan basis data, dan urutan tugas yang dibutuhkan dalam masing-masing proses perdagangan elektronik. Oleh karena itu, sistem alur kerja memastikan bahwa transaksi yang sesuai, keputusan, dan aktivitas kerja telah dilakukan, serta data dan dokumen yang benar telah diteruskan ke karyawan, pelanggan, pemasok, dan pemegang saham yang tepat.

Notifikasi Peristiwa

Kebanyakan aplikasi perdagangan elektronik adalah sistem yang digerakkan oleh peristiwa yang merespons kumpulan dari peristiwa dari akses situs pelanggan baru pertama, untuk proses membayar dan mengirimkan, hingga hubungan pelanggan yang tak terhingga dan aktivitas manajemen pasokan. Itulah mengapa proses notifikasi peristiwa memainkan peran yang penting dalam sistem perdagangan elektronik; pelanggan, pemasok, karyawan, dan pemegang kepentingan lain harus diberi tahu seluruh peristiwa yang dapat mempengaruhi status dalam sebuah transaksi. Perangkat lunak notifikasi peristiwa bekerja dengan perangkat lunak manajemen alur kerja untuk mengawasi seluruh proses perdagangan elektronik dan mencatat seluruh peristiwa yang relevan, termasuk perubahan yang tak diharapkan atau situasi masalah.

Kolaborasi dan Perdagangan

Kategori utama dari proses perdagangan elektronik terdiri atas hal-hal yang mendukung pengaturan kolaborasi penting dan layanan perdagangan yang dibutuhkan oleh pelanggan, pemasok, dan pemegang saham lain untuk menyelesaikan perdagangan elektronik. Kolaborasi yang penting antara mitra perdagangan bisnis dalam perdagangan elektronik dapat diberikan oleh layanan perdagangan berbasis internet. Sebagai contoh, portal situs perdagangan eelektronik bisnis ke bisnis yang disediakan oleh perusahaan seperti Ariba dan Commerce One mendukung kesesuaian, negosiasi, dan proses mediasi antara pembeli dengan penjual bisnis.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Proses Perdagangan Elektronik Esensial