Nasi Campur Bali yang melegenda

Nasi Campur Bali yang melegenda

Nasi campur Bali adalah kuliner khas Pulau Bali yang wajib kamu coba ketika mengunjungi tempat ini. Sesuai namanya, nasi campur adalah kombinasi nasi putih dengan campuran berbagai lauk pauk. 

Nasi campur Bali disukai banyak kalangan karena rasa dan variasi lauk yang ditawarkan. Lauk pauk yang digunakan biasanya menggunakan bahan dasar ayam, ikan, dan telur. Memang ada variasi lain namun ketiga bahan tadi wajib ada. 

Selain rasanya yang enak nasi campur sangat bergizi tinggi. Hal ini dikarenakan campuran lauk yang digunakan banyak mengandung karbohidrat dan protein sehingga baik untuk kesehatan. Nah jadi jangan ragu untuk mencoba kuliner yang satu ini. 

Nasi Campur Bali yang melegenda
Nasi Campur Bali yang melegenda 

Nasi Campur Bali yang Kelezatannya Khas

Tidak diketahui kapan pertama kali nama nasi campur digunakan atau siapa penggagasnya. Namun karena nasi sudah menjadi makanan pokok orang Indonesia dari zaman dulu maka bisa dipastikan nama itu sudah ada sejak lama sekali. Selain di Indonesia nasi campur juga terkenal di negara lain seperti Thailand, Brunei, dan Malaysia. Di Indonesia setiap daerah memiliki nasi campurnya sendiri, namun kuliner khas bali yang satu ini mempunyai ciri khas yang berbeda dari daerah lainnya. 

Tampilan nasi campur Bali cukup sederhana karena hanya terdiri dari nasi dan beberapa jenis lauk pauk sebagai pelengkapnya. Selain lauk dengan bahan dasar ayam, ikan, dan telur seperti yang sudah disebutkan, terdapat pula berbagai macam sayur seperti sayur kacang, oseng kacang, dan sayur ares yang terbuat dari pelepah pisang. Perpaduan rasa yang didapatkan biasanya asin dan pedas, namun ada lauk yang memberikan rasa manis misalnya sate sapi. 

Ada beberapa lauk yang wajib ada dan menjadi ciri khas nasi campur Bali. Pertama adalah juku urap yang merupakan perpaduan beberapa macam sayuran seperti kacang panjang, bayam, dan tauge dengan bumbu yang agak pedas karena ada tambahan terasi dan cabai. Kemudian sate lilit yang terbuat dari cincangan halus daging ikan dibalut dengan berbagai bumbu untuk menciptakan rasa gurih. Selain itu masih ada ayam suwir dan teri kacang yang memperkaya tekstur sajian nasi campur. 

Perpaduan nasi dan lauk pauk akan semakin lezat dengan tambahan sambal matah. Ya, sambal matah sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari nasi campur Bali. Rasa pedas sambal matah dipadu dengan rasa asin-pedas-manis lauk pauk yang digunakan cocok untuk menyebut kelezatan rasa dari nasi campur Bali legendaris. 

Bervariasinya lauk pauk yang tidak serta merta membuat harga nasi campur menjadi mahal. Justru harga yang ditawarkan oleh warung dan restoran yang menyediakan menu nasi campur cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan nasi campur mulai dari sepuluhan ribu rupiah saja. 

Jadi gimana, kamu tertarik untuk mencoba nasi campur Bali? Variasi lauk pauk, rasa, dan harga yang ditawarkan dijamin akan membuat kamu suka dengan kuliner khas Bali yang satu ini.