Mie Kocok Bandung, Kuliner Khas yang Menggiurkan

Mie Kocok Bandung, Kuliner Khas yang Menggiurkan

Mie kocok Bandung adalah salah satu kuliner khas kota Bandung. Sesuai dengan namanya, proses memasaknya adalah dengan cara dikocok berkali-kali untuk mendapatkan mie yang matang merata. 

Mie kocok Bandung sudah terkenal selama beberapa dekade terakhir. Menggunakan bumbu dan cara memasaknya yang khas membuat mie kocok mempunyai tekstur lembut dan kenyal ketika kamu menyantapnya. 

Kalo sedang berkunjung di Bandung, kamu bisa dengan mudah menemui penjual mie kocok ini. Banyak warung di Bandung yang dianggap legend karena menawarkan cita rasa lezat khas mie kocok. Tentu kamu bisa mampir ke salah satu dari warung-warung tersebut jika sedang pergi ke Bandung. 

Mie Kocok Bandung, Kuliner Khas yang Menggiurkan
Mie Kocok Bandung, Kuliner Khas yang Menggiurkan 

Mie Kocok Bandung, Kuliner yang Pantang Terlewatkan

Tidak ada yang tahu persis kapan mie kocok menjadi kuliner khas Bandung. Namun sejarah mengatakan awal mula mie kocok pertama kali dibuat adalah sekitar tahun 1958-an. Beberapa warung mie kocok sudah berdiri sejak saat itu dan menjadi warung-warung legendaris di Bandung sampai sekarang. Hal ini membuktikan mie kocok benar-benar tidak lekang oleh zaman. 

Bukan tanpa sebab kalo mie kocok Bandung merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba. Kelezatan mie kocok Bandung dan teksturnya yang lembut membuat kuliner yang satu ini sangat disukai oleh wisatawan lokal maupun asing. Meskipun sekilas tampilannya mirip bakso biasa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie kocok yang menjadi pembeda. Paling kentara adalah kuah yang dipakai dalam menyajikan mie kocok. 

Dalam satu piring mie kocok biasanya terdapat mie kuning, kikil sapi, taoge, jeruk nipis, seledri, bawang goreng, dan daun bawang. Semua bahan tersebut kemudian diguyur menggunakan kuah kaldu sapi yang kental. Bisa dibayangkan kelezatan yang kamu dapatkan ketika sedang menikmati mie kocok. Selain itu dibeberapa tempat ada tambahan resep sesuai ide penjualnya. 

Nah sekarang kenapa dinamakan dengan mie kocok?

Hal ini dikarenakan dalam proses memasaknya mie kuning dikocok menggunakan wadah logam yang bolong-bolong dan dicelupkan kedalam air panas. Cita rasa mie kocok semakin lezat dengan tambahan kecap, sambal, dan cuka. 

Seiring berjalannya waktu berbagai variasi ditambahkan kedalam resep mie kocok Bandung. Ada yang menambahkan daging tulang iga atau menggunakan tulang sumsum dalam penyajiannya. Selain itu ada beberapa penjual yang menambahkan resep tertentu pada bumbunya. Biasanya ini dilakukan untuk mengurangi bau amis daging dan membuat kuah kaldu sapi menjadi lebih kental. 

Setiap warung mempunyai resep mie kocok Bandung sendiri-sendiri. Bahkan kamu bisa menemukan beberapa menu mie kocok dalam satu warung dengan variasi yang berbeda-beda. Kalo masih bingung kamu bisa googling dulu untuk menemukan tempat yang sesuai dengan seleranya. 

Hal lain yang menjadi daya tarik warung penjual mie kocok Bandung adalah sebagian dari mereka masih menggunakan arang dalam proses memasaknya. Menggunakan arang berarti benar-benar menjaga kualitas bahan dan bumbu yang tercampur dalam mie kocok.