Kopi Jujur, Sejujur Aksi Bagi Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi Jujur - Masyarakat Indonesia sangat dekat budaya ngopi dimana hampir semua lapisan masyarakat menyukai minuman ini, baik itu kopi yang sudah bercampur berbagai macam bahan seperti essen ataupun kopi yang masih murni alias Kopi Jujur, Kopi Asli tanpa campuran Essen. Namun apakah anda sudah tahu apa sebenarynya kopi itu?

Kopi Jujur, Kopi Asli tanpa campuran Essen

Pengertian Kopi

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Sebelum lanjut mengenai Kopi Jujur, Kopi Asli tanpa Campuran Essen alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kopi.

Jenis-Jenis Kopi

Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya terdapat 2 jenis varietas utama, yaitu kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Masing-masing jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.

Kopi Arabika

Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik.[16] Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini.[butuh rujukan] Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.

Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600–2000 m di atas permukaan laut.[butuh rujukan] Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik.[butuh rujukan] Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Kopi Robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafeina dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu.

Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit.[butuh rujukan] Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan

Nah Kopi Jujur ini termasuk kopi yang menggunakan jenis kopi Robusta.

Kopi Luwak

Jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta.[butuh rujukan] Biasanya disetiap daerah penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya sebagai suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang terkenal adalah kopi luwak asli Indonesia.

Manfaat Meminum Kopi

Bagi banyak orang, manfaat kopi selama ini hanya dianggap sebagai penambah energi kala menyambut hari, atau saat mengantuk. Padahal, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi murni alias Kopi Asli tanpa Campuran Essen yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu, mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3). 
Kopi Jujur, Sejujur Aksi Bagi Kopi Asli Tanpa Campuran Essen
manfaat kopi, Sumber Gambar Alodokter.com
Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan gangguan hati. (dikutip dari situs kesehatan terpercaya Alodokter)

Walaupun kopi punya beragam manfaat, namun perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kopi. Mengapa? karena sekarang produk-produk olahan kopi sebagian ada yang menggunakan essen.

Apa itu Essen?

Essen itu sendiri tak lain merupakan penambah aroma. Essen adalah bahan tambahan yang ditambahkan baik pada makanan atau minuman sehingga dapat beraroma sesuai yang di inginkan.

Essen kopi diproduksi melalui kumpulan uap dari seduhan kopi. Kopi yang baru diseduh akan mengeluarkan asap tipis dengan aroma khas, itulah yang kemudian ditangkap dan diolah menjadi essen kopi.

Di era modern ini, essen kopi dibuat lebih mudah. Kopi yang telah melalui proses roating dan digiling dimasukkan ke dalam mesin khusus agar dapat diseduh dengan mudah. Selama proses penyeduhan ini semua uang kopi yang keluar ditampung dalam wadah khusus. Mesin tertutup membuat uap kopi tidak melebur dengan udara sehingga mudah dikumpulkan. Dari hasil penyeduhan ini akan didapatkan essen kopi dengan warna kekuningan hingga kecokelatan. Aroma yang keluar sangatlah kuat sehingga bisa membuat es krim, susu, maupun makanan kain memiliki cita rasa kopi seperti yang diinginkan.

Walaupun sekarang sudah banyak kopi dengan campuran essen, namun Kopi Jujur merupakan Kopi Asli Tanpa Campuran Essen lho..

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Mendengar nama kopi jujur apa yang ada dibenak kita? sebuah nama brand kopi kah? atau apa? memang kopi jujur merupakan sebuah kopi asli tanpa campuran essen, namun disini yang dimaksud bukanlah itu. Kopi Jujur merupakan organisasi sosial untuk pencegahan virus corona di Indonesia, terutama Jakarta. Kopi Jujur memahami bahwa manfaat kopi sangat dibutuhkan oleh para pejuang garda depan yang melawan virus corona. bagaimana tidak pejuang garda depan yang melawan virus corona tentu saja sangat sibuk berjuang dan tidak memiliki waktu waktu untuk membuat kopi. untuk itu lahirlah gerakan Kopi Jujur yang membagikan puluhan ribu cup kopi asli tanpa campuran essen kepada orang-orang yang berada di garda terdepan dalam pencegahan virus COVID-19.

Kopi Jujur lawan Corona

Kopi jujur mengajak seluruh komunitas kopi, para barista indonesia , pengusaha , para-millenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, Public Figure dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta dengan membantu share, like, support penyebarluasan informasi kegiatan. 
Kopi Jujur, Sejujur Aksi Bagi Kopi Asli Tanpa Campuran Essen manfaat kopi
Aksi Kopi Jujur Lawan Corona

Dukung aksi 1 juta cup Kopi Jujur gratis yang diolah menggunakan 100 % kopi asli dan aman dikonsumsi oleh tenaga medis, tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanggulangan wabah COVID 19 di jakarta. Tidak hanya rumah sakit, kini Kopi Jujur memperluas aksinya dengan kepada pengemudi ojek, supir taksi serta buruh lepas di kawasan Jakarta.

Aksi ini akan dilakukan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020.

Dengan dukungan awal 10 Ribu cup kopi jujur Gratis dari Bencoolen coffee berupa Kopi Tubruk 100 % Fine Robusta Asli , Kopi Filter, Kopi Jahe ,Tenaga Barista dan Peralatan kopi lengkap bagi 8 RS Rujukan di Jakarta. Tidak hanya rumah sakit, kini Kopi Jujur memperluas aksinya dengan memberikan Kopi, roti serta masker kepada pengemudi ojek online, supir taksi serta buruh lepas di beberapa titik kawasan Jakarta.

Support lain menuju 1 Juta Cup Kopi Jujur maka tambahan yang kami butuhkan meliputi Tenaga Barista Pejuang , Peralatan Kopi & pendukung lainnya seperti kopi, gula sachet , hot paper cup , stirer , tenaga, roti, masker dan kendaraan untuk logistik, serta sembako.

Ikut Berdonasi Lewat Kopi Blockchain

Bagi anda yang belum tahu tentang apa itu Kopi Blockchain jangan khawatir, disini kami juga akan menjelaskannya. Jadi Kopi Blockchain adalah semacam digitalisasi dari suatu komoditas kopi berteknologi Blockchain di Ethereum dan Waves platform, teknologi kopi digital seperti ini memungkinkan penelusuran transaksi di Etherscan dan Waves Explorer. Teknologi ini menggunakan platform ERC20 dan Waves beserta sistem desentralisasi guna memfasilitasi transfer maupun transaksi lain.Kopi Blockchain merupakan produk ERC20 serta Waves platform guna memasarkan komoditas kopi ke pasaran secara global. Jadi, setiap satu kopi nantinya dapat ditukarkan dengan 1 kilogram fine Robusta Bengkulu melalui PT. Cyber Persada Nusantara, teknologi ini akan memberikan harga kopi Robusta yang transparan.

Nah berhubung Kopi Blockchain ini mempunyai bisnis bernama The Bencoolen Coffee, dan Kopi Jujur, Kopi Asli tanpa Campuran Essen merupakan produk The Bencoolen Coffe jadi anda bisa berdonasi lewat KopiBlockchain dengan membeli kopi dari The Bencoolen Coffee

Mari ikut dukung gerakan melawan virus corona bersama kopi jujur.

Kopi Jujur, Sejujur Aksi Bagi Kopi Asli Tanpa Campuran Essen