Fastron Oli Motor Matic Terbaik

Fastron Oli Motor Terbaik-Oli merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting, selain sebagai sistem pelumasan untuk menjaga kinerja mesin, oli juga berperan dalam melindungi mesin dari gesekan dan juga sebagai pendingin untuk meredam panas. untuk itu oli perlu diganti secara rutin dengan menggunakan oli motor terbaik. namun memilih oli motor terbaik terkadang sulit, banyak nya produk oli motor matic membuat sebagian kalangan kebingungan. kurangnya pengetahuan soal mesin dan otomotif juga jadi salah satu sebabnya.

Tips Memilih Oli Motor Terbaik

Disini penulis mengucapkan terima kasih kepada mas Khoirul selaku pemilik Beng-K Factory, bengkel langganan penulis ketika menyervis motor. suatu ketika saat sedang service motor sekaligus mengganti oli motor matic Yamaha Mio CW tahun 2009 milik penulis, beliau memberikan beberapa tips dalam memilih oli motor terbaik.

Sesuaikan dengan Rutinitas

Menyesuaikan kebutuhan oli sepeda motor matik dengan rutinitas ini perlu dilakukan. Jika Anda sering melewati lalu lintas yang padat dan membuat sepeda motor sering berhenti, maka memerlukan oli yang memiliki zat aditif. Motor yang sering berhenti ini akan membuat mesin cepat panas, dan zat aditif ini mampu mengurangi panas mesin sepeda motor.

Pilih Kekentalan

Oli yang dibutuhkan sepeda motor matic berbeda dengan sepeda motor lain. Sepeda motor matic membutuhkan oli dengan kekentalan yang tepat. Memilih oli idealnya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan kendaraan bermotor. Salah satu poin yang harus diperhatikan dalam memilih oli adalah tingkat kekentalannya. Kode kekentalan pada oli biasanya diawali dengan kata SAE, kemudian diikuti dengan angka. Skala tingkat kekentalan pada oli ini dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE). Kode ini dapat dilihat melalui kemasan produk oli.

Fastron Oli Motor Matic Terbaik
Fastron Oli Motor Matic Terbaik
Sebagai contoh, oli dengan kode SAE 15W-50 berarti tingkat kekentalan oli motor mencapai angka 50. Selain itu, kalian masih dapat menggunakannya pada kondisi suhu hingga minus 15 derajat celcius. Semakin kecil angka di depan huruf W (winter), tingkat kekentalannya pun semakin tinggi.
Dalam memilih tingkat kekentalan oli, sebaiknya kalian menyesuaikan dengan lingkungan tempat kalian tinggal dan menggunakan motor. Untuk motor yang berumur lima tahun ke atas atau jarak tempuhnya lebih dari 100.000 km, gunakan oli yang kekentalannya tinggi. semakin tinggi tingkat kekentalan oli maka gesekan mesin menjadi semakin rendah sehingga keawetan mesin bisa terjaga

Pilih yang Berkualitas

Banyaknya produsen oli saat ini, mewajibkan untuk lebih teliti memilih oli. Tapi perlu diketahui, pilih oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Adanya sertifikat API ini berarti oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute dan banyak dipakai di Negara Eropa. Sedangkan JASO ini berarti oli telah di cek kualitas oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini juga banyak dipakai di Jepang.
Fastron Oli Motor Matic Terbaik
Fastron Oli Motor Matic Terbaik

Oli Pertamina Fastron untuk Oli Motor Matic

setelah mas Khoirul menjelaskan panjang lebar mengenai tips dalam memilih oli motor yang tepat, kemudian beliau menyarankan penulis agar mengganti oli dengan Oli Pertamina Fastron Techno Hijau dengan SAE 10W-40. bukan tanpa alasan mas Khoirul menyarankan Oli Pertamina Fastron untuk Oli Motor Matic. menurut beliau Oli Peramina Fastron memiliki Nano Guard yang dapat melindungi bagian tersempit dari mesin dan berukuran lebih kecil dari molekul, sehingga dapat membuat mesin moor terasa selalu baru dan mampu menghemat bahan bakar. ini sangat cocok apabila digunakan pada motor Yamaha Mio CW keluaran tahun 2009, mengingat motor tersebut sudah tergolong tua.
kemudian harga Fastron SAE 10W-40 atau Fastron Techno Hijau yang terjangkau menjadi alasan kedua mengapa memilih oli ini.  bayangkan, di pasaran harga oli motor Fastron Techno Hijau hanya kisaran Rp 60-65 ribu per liter. Tentu saja harga ini tergolong harga yang sangat bersahabat dengan kantong masyarakat. Dengan harga yang murah konsumen sudah bisa mendapatkan pelumas dengan kualitas yang lebih dari uang yang dikeluarkan. Selain itu, pelumas Fastron Techno ini juga digunakan sebagai produk OEM (Original Equipment Manufacturer) oleh sebuah perusahaan otomotif terbesar di Tanah Air.
Nah demikian saja artikel mengenai oli motor terbaik dari Pertamina Fastron, semoga artikel diatas bisa menambah wawasan kita bersama.

Fastron Oli Motor Matic Terbaik