MANA yang DIKEMBANGIN DULU, DA&PA atau BACLINKS??

Oke, saya tidak masalah sedikit memberi ilmu kepada para blogger di sini. Bukan berarti saya MASTER SEO, SUHU, CELCIUS pun saya tidak menganggap diri saya seperti itu. Karena itu tergantung anggapan kalian kepada saya.

DA&PA atau BACLINKS???
DA&PA atau BACLINKS???

Mengenai blog, mana yang dikembangin dulu, DA&PA atau BACLINKS?

Banyak para blogger yang bingung mengenai perihal ini. TIDAK USAH BINGUNG. Saran saya lebih baik kembangkan DA&PA-nya terlebih dulu.

"Loh, katanya mas harus kembangin SEO ON PAGE, SEO OFF PAGE, dan RISET KEYWORD?".

*Tunggu dulu, di sini topiknya beda lagi.

MENGAPA HARUS KEMBANGIN DA&PA DULU DARIPADA BACKLINKS?

*Oke, saya mengibaratkan blog itu seperti games yang dimana DA&PA itu adalah expi untuk meningkatkan atau peningkatan pada level dan BACKLINKS adalah reputasi akun games yang kalian punya. Sama seperti blog, apabila level blog kalian masih rendah bagaimana mungkin reputasi web kalian tinggi? KECUALI KALIAN MELAKUKAN "BLACK-HAT".

Apabila blog kalian sudah mencapai halaman pertama, lebih-lebih peringkat pertama di pencarian Google. Secara otomatis DA maupun PA kalian akan meningkat dan apabila kedua komponen ini meningkat, secara tidak langsung kalian mengupgrade level blog kalian untuk bersaing di dunia blogging. 

Lalu, apa fungsi backlinks?

*Sudah saya katakan, backlinks berfungsi untuk meningkatkan reputasi blog kalian. Memang backlinks dapat menaikkan DA & PA blog kalian, lantas jika itu backlinks yang berkualitas bukan yang abal-abal. 

"Mas, saya beli backlinks di teman saya agar blog saya banyak visitor dan terkenal. Apakah benar langkah saya?"

*Sebentar, apabila kalian ingin menanam backlinks tidak ada masalah untuk blog kalian justru itu lebih baik untuk perkembangan blog kalian. Tetapi, apakah kalian tahu berapa DA & PA kalian? Apabila DA & PA kalian katakanlah masih sedikit tapi kalian berani menanam backlinks? Inilah yang dinamakan BLACK-HAT STRATEGY. Jadi strategi ini memang umum di kalangan blogger.

Apakah kalian tahu apa dampaknya? Sebentar, biarkan saya bernafas. 

*Oke, dampaknya adalah PENALTI. Siap-siap ditendang oleh Google.

Lalu, apa ciri-ciri blog yang melakukan BLACK-HAT?

*Ciri-cirinya adalah bisa kalian lihat DA & PA blog tersebut. Apabila DA&PA nya kecil namun backlinks nya sangat besar, bisa kalian curigai.

"Lalu, apa yang harus saya lakukan?"

*Kembangkan blog kalian, fokuskan untuk menarget halaman 1 walaupun belum peringkat pertama. Lagipula, apabila blog kalian menempati posisi di halaman 1 saja itu sudah meningkatkan DA & PA kalian, tidak menutup kemungkinan apabila blogger lain melirik blog kalian untuk dijadikan referensi dan dapat BACKLINKS deh. Gratis pula.

"Lalu, apalagi yang harus saya lakukan?"

*Tanam backlinks, dengan catatan tanam backlinks di blog yang satu niche dengan blog kalian. Tanam backlinks boleh, asal jangan berlebihan.

Baiklah, hanya itu saja ilmu pengetahuan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian dan terima kasih.

MANA yang DIKEMBANGIN DULU, DA&PA atau BACLINKS??