Cara Memilih Coworking Space yang Benar

Memilih Coworking Space - Banyaknya bisnis startup yang berdiri dalam beberapa tahun ini membuat kebutuhan akan tempat kerja juga meningkat. Enterpreneur yang ingn mendirikan sebuah usaha tentu lebih memilih tempat kerja yang lebih efektif daripada menyewa sebuah gedung perkantoran. Oleh sebab itu menyewa tempat kerja bersama menjadi pilihannya. Saat ini banyak perusahaan penyedia layanan tempat kerja bersama dengan fasilitasnya masing-masing. Namun tentu saja tidak semua tempat kerja bersama sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Salah satu penyedia tempat kerja bersama yang sangat direkomendasikan adalah Go-work. Go-work merupakan salah satu penyedia coworking space dan private office terbaik di Indonesia. Kunjungi web www.go-work.com untuk info lebih lanjut. Sebelum itu ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum menyewa tempat kerja bersama.
Cara Memilih Coworking Space yang Benar
Cara Memilih Coworking Space yang Benar

Tips memilih Coworking Space

Simak beberapa tips memilih coworking space berikut ini sebelum membangun bisnis anda.

1. Pilih lokasi yang strategis

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih lokasi coworking space yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Sangat disarankan untuk memilih lokasi tempat kerja yang berada di kawasan bisnis atau dekat denga pusat perbelanjaan dimana berbagai perusahaan besar berkumpul. Nantinya ini sangat menguntungkan bisnis anda karena bisa memudahkan dalam hal pemasaran dan branding produk. Namun hal yang wajib anda ketahui adalah biaya sewa tempat yang lebih mahal dari pada lokasi tempat kerja yang jauh dari pusat bisnis atau perbelanjaan. Pertimbangkan juga kemudahan akses untuk trasportasi umum seperti halte bus sehingga akan memudahkan pegawai-pegawai anda untuk pergi atau pulang kerja. 

2. Seusaikan dengan kebutuhan bisnis

Buatlah rencana kerja pada bisnis startup yang akan anda dirikan. Rencana kerja yang bagus akan memudahkan anda untuk memahami apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan usaha termasuk dalam memilih tempat kerja. Tempat kerja yang baik adalah tempat yang menyedakan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan. Cek terlebih dahulu fasilitas yang disediakan oleh penyedia coworking space sebelum menyewanya. Meja dan kursi yang nyaman, mesin printer, foto copy, dan faks adalah fasilitas yang wajib ada. Keberadaan ruang rapat, konferensi, dan presentasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup. Selain itu jangan lupakan fasilitas internet cepat dan teknisi yang disediakan oleh penyedia layanan tempat kerja bersama.

3. Budaya dan suasana kerja

Budaya dan suasana kerja akan berpengaruh dalam produktivitas kerja anda maupun pegawai. Meskipun disebut tempat kerja bersama, kondisi tempat kerja yang kondusif merupakan suatu kebutuhan. Keberadaan rekan-rekan dari perusahaan lain harus bisa membantu dalam perkembangan bisnis yang anda jalankan, begitu pula sebaliknya. Pilih tempat kerja bersama yang mempunyai budaya kerja positif untuk saling berbagi wawasan, gagasan, dan memiliki potensi kolabirasi kerja yang tinggi. Hindari suasana kerja dan rekan bisnis yang justru akan menyulitkan perkembangan bisnis anda kedepannya.

4. Cek harga dan kredibilitas penyedia tempat kerja

Mengecek dan membandingkan harga dari coworking space wajib anda lakukan. Jika memilih tempat keja yang biaya sewanya agak mahal maka harus diimbangi dengan fasilitas yang disediakan. Jangan sampai anda sudah membayar mahal namun fasilitas yang didapat tidak sesuai dengan biaya sewa dan kebutuhan anda. Selain itu penyedia tempat kerja yang kredibel harus memiliki kemampuan finansial yang layak. Hal ini memungkinkan untuk terus dilakukannya upgrade pada fasilitas yang disediakan terutama kebutuhan akan internet cepat dan teknologi lainnya. 


Nah itulah beberapa cara memilih coworking space yang tepat, semoga artikel diatas bisa membantu dalam membangun bisnis anda.