Cara kerja Power Window Pada Mobil

Cara kerja Power Window Pada Mobil - Power Window adalah sistem kerja elektrik untuk membuka atau menutup kaca jendela mobil secara otomatis dengan menggunakan tombol. Sistem Power Window sudah banyak diaplikasikan untuk mobil-mobil keluaran terbaru sebagai pengganti mekanisme ganggang engkol pada mobil keluaran lama. 

Cara kerja Power Window Pada Mobil
Cara kerja Power Window Pada Mobil

Mekanisme dan Cara Kerja Power Window

Berikut ini adalah cara kerja Power Window pada mobil yang perlu anda ketahui. 

1. Jenis Power Window

Ada 2 jenis power window dilihat dari model operasinya yaitu tipe mekanisme regulator dan kabel. Pada tipe mekanisme regulator, motor penggerak dihubungkan dengan mekanisme pengangkat kaca jadi ketika motor penggerak berputar jendela akan nak atau turun. Sedangkan tipe mekanisme kabel menggunakan kabel sebagai pengangkat kaca. Kabel akan dialiri arus listrik dari motor penggerak dan membuat kabel dalam keadaan menarik jendela atau mengendorkannya.. 

2. Power Window Manual

Cara kerja Power Window secara manual tergantung lama tekanan pengguna pada saklar power window. Lebar dari jendela mobil bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan keinginan pengguna. Putaran motor penggerak power window akan bergerak seiring dengan ditekan atau ditariknya saklar. Pada saat menaikkan jendela saklar ditekan dan mengalirkan arus positif ke arah motor penggerak. Dari motor penggerak arus kembali menuju saklar kemudian ke line ground yang terhubung langsung dengan terminal negatif aki dan membuat motor penggerak berputar ke arah kiri sehingga jendela bergerak naik. Hal ini juga berlaku ketika menurunkan jendela, bedanya motor penggerak berputar ke arah kanan. 


3. Power Window Otomatis

Cara kerja power window otomatis lebih kompleks karena selain bisa bekerja otomatis terdapat juga fitur manualnya. Pada power window otomatis jendela akan naik dan turun sampai titik maksimum jika saklar ditarik atau ditekan penuh namun hanya dengan sekali sentuh. Saat posisi membuka jendela jika kunci kontak pada posisi on dan saklar Power Window ditekan penuh, secara otomatis akan mengirim sinyal ke rangkaian kontrol power window. Arus yang berada dalam rangkaian akan terus on selama 10 detik dan mengaktifkan relay down power window. Hal ini membuat motor power window berputar dan baru berhenti setelah jendela terbuka penuh. Berhentinya jendela karena adanya limit switch dan sensor kecepatan yang mengirimkan sinyal pengunci motor penggerak. Untuk menghentikan buka otomatis bisa dilakukan dengan menarik secara setengah saklar power window. 

Prinsip kerja menutup otomatis juga sama dengan cara kerja bukanya. Bedanya hanya jika ingin menutup jendela secara otomatis maka saklar power window ditarik penuh. Sedangkan untuk menghentikannya saklar power window ditekan secara setengah. 

Fitur manual yang terdapat pada power window otomatis cara kerjanya sama dengan power window manual. Bedanya adalah terdapat beberapa model mobil yang dilengkapi thermistor untuk mencegah kelebihan arus listrik yang menuju motor penggerak. Cara kerja power window mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama pada bagian sensornya. Saat ini power window melalui sensor kecepatan dan limit switch bisa mendeteksi benda yang terjepit diantara kaca mobil. Hal ini memungkinkan anak-anak akan lebih aman dari resiko terjepit kaca mobil. 

Demikianlah ulasan mengenai cara kerja power window pada mobil. Meskipun tinggal menekan tombol tetapi ada hal yang harus diperhatikan supaya power window tidak gampang bermasalah. Salah satunya adalah mengecek keadaan power window secara berkala. Ini dimaksudkan agar arus listrik penggerak motor tidak kurang atau berlebihan yang membuat power window macet.

Cara kerja Power Window Pada Mobil