6 Manfaat Email Profesional Untuk Bisnis

Dahulu sebelum teknologi mulai berkembang pesat, biasanya orang berkirim pesan lewat surat. membutuhkan waktu yang agak lama untuk menerima maupun mengirim pesan yang ingin kita sampaikan. namun di zaman serba canggih dan teknologi yang semakin maju, sekarang kemudahan dalam mengirim pesan bisa didapatkan. Penemuan surat elektronik atau yang biasa disebut e-mail memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya.

Pengertian E-mail

E-Mail (Electronic Mail) atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet. Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.
Dengan berbagai kemudahan penggunaan, e-mail tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan saja, namun bisa untuk keperluan lain-lain. bahkan penggunaan email sekarang telah merambah kedalam bidang bisnis. banyak perusahaan yang menggunakan email untuk bisnis mereka.
Kembangkan Bisnismu Dengan Email Professional
Kembangkan Bisnismu Dengan Email Professional

Fungsi dan Manfaat Email

Fungsi email secara harfiah adalah untuk mengirim serta menerima pesan. Dengan fungsi attachment pada aplikasi email, Anda bisa melampirkan berbagai jenis data, seperti foto, video, dan lainnya.
Akan tetapi, pada kenyataannya, email memiliki manfaat lain di dalam dunia internet lebih dari sekadar mengirim atau menerima pesan. Berikut ini beberapa poin fungsi dan manfaat email.

1. Identitas Diri

Di era layanan digital yang begitu menjamur seperti sekarang, email sering digunakan sebagai cara untuk mengonfirmasi identitas.
Layanan seperti jasa keuangan digital, pembelian buku daring, sampai aktivasi telepon genggam sering kali menggunakan sarana email untuk memverifikasi identitas penggunanya.

2. Membuat Situs dan Mendaftar Media Sosial

Media sosial, gim daring, serta layanan digital lainnya sering kali meminta alamat email dalam proses pendaftaran pengguna barunya. Tentunya Anda memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, bukan? Hampir semua pendaftaran akun media sosial seperti ini membutuhkan alamat email. Setelah melakukan pendaftaran, biasanya Anda akan menerima email yang dikirim dari pihak media sosial tersebut untuk mengonfirmasi kebenaran alamat email yang didaftarkan.
Selain media sosial, sebelum membuat website/blog kita juga memerlukan sebuah alamat email. contohnya saja blog ini, dibuat menggunakan platform blogger besutan Google, dan sebelum membuatnya kita harus mendaftarkan email kita terlebih dahulu.

3. Marketing

Para pebisnis yang memiliki toko daring sering menggunakan alamat email pelanggannya sebagai sarana mempromosikan bisnisnya. Meski email adalah cara paling lawas untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa, cara ini masih sering dipakai.
Biasanya, pebisnis mengumpulkan alamat email pelanggannya melalui layanan berlangganan newsletter yang ada di dalam halaman website-nya. Dengan menggunakan layanan email jenis marketing, kegiatan promosi akan semakin optimal.
[embed]https://www.youtube.com/watch?v=NR0PGdq87C8[/embed]

Jenis-jenis E-mail

Email mempunyai beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda.

POP Mail

POP mail (Post Office Protocol Mail) merupakan sebuah sistem email yang bisa kita terima dari Internet Service Provider (ISP) yang kita gunakan.

WEB Mail

Web Mail  (Web Based Mail) merupakan email yang berbasis halaman web. Kita bisa mengakses email ini menggunakan browser pada komputer dimana saja, kita bisa mengirim ataupun menerima pesan dengan jaringan internet.

Email Forwarding

Email Forwarding merupakan sebuah layanan email untuk mengirim ulang pesan yang masuk ke email tujuan yang kita kehendaki. Maksudnya jika ada email yang masuk dan kita ingin mengirimkan email tersebut kepada orang lain.

Macam-macam E-mail

Menurut macamnya, email dibedakan menjadi 2 yaitu email gratis dan email berbayar atau premium.

Email gratis

E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Email ini gratis karena kita tidak perlu menyewa hosting dan domain, karena kedua hal tersebut telah disediakan penyedia email. namun email gratis memiliki fitur yang kurang lengkap dibandingkan email berbayar Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.

Email berbayar

E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya. selain itu kita bisa mendapatkan nama email yang unik sesuai keinginan kita, dalam artian sesuai nama domain yang kita inginkan. untuk mendapatkan nama domain yang unik ini tentu kita harus membeli di penyedia hosting Email Domain

Keuntungan Menggunakan Email Profesional untuk Bisnis

Walaupun sekarang banyak hadir media sosial, muncul pertanyaan mengapa email dianggap penting untuk bisnis ? Berikut keuntungan yang didapat jika menggunakan email profesional untuk bisnis :
  1. Dengan menggunakan e-mail profesional, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan berbagai jaringan baik itu rekan bisnis, suplier dan yang penting adalah pelanggan Anda.
  2. Anda dapat dengan mudah memperkenalkan bisnis Anda ke alamat e-mail yang mungkin Anda kenal. Dengan menggunakan e-mail Anda dapat mengirimkan file business profile Anda tanpa memikirkan ukuran filenya.
  3. Selain untuk memperkenalkan profil bisnis Anda, Anda juga dapat memanfaatkan email untuk mempublikasikan perusahaan ataupun bisnis Anda.
  4. Komunikasi dengan e-mail terkesan lebih formal dan memudahkan memberikan informasi ke rekan bisnis, karywan, suplier ataupun pelanggan Anda.
  5. Saat Anda mengirimkan email ke rekan bisnis, suplier, ataupun klien Anda dengan alamat email sesuai dengan domain anda, maka e-mail yang Anda kirimkan terkesan lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan orang yang membaca e-mail Anda.
  6. Perusahaan lain atau pebisnis lain yang tertarik akan produk Anda dan ingin bekerjasama dengan perusahaan Anda dengan mudah mengirimkan email penawaran kerjasama untuk perusahaan Anda.